Saturday, September 24, 2011

Cara Upgrade Nexian Journey Ke Android Froyo


Pada kesempatan kali ini Friska Flasher blog sedikit berbagi kepada anda semua bagaimana cara upgrade Journey dari standart (donat atau eclair) ke froyo atau ROM lain

Dalam hal ini kita ga udah memperpanjang bahasan kita langsung saja ke tutor nya

Metode-metodenya adalah sebagai berikut..

1.Metode Stand Alone yaitu memflash ponsel dari ponsel itu sendiri, dan untuk file ekstensi yang bisa di gunakan adalah ZIP.metode ini biasa digunakan untuk memflash ROM cynogenmod.

2.Metode RUT/SUT untuk cara ini kita membutuhkan bantuan aplikasi SUTLR/RUT, dan file ekstensi untuk flashing dengan cara ini adalah *.nb0.

Sebelum melakukan proses flashing mohon diperhatikan beberapa hal ini.

1.Jika masih menggunakan Donat silakan upgrade dulu ke eClair baru diupgrade ke froyo untuk menghindari eror yang mungkin terjadi (misalnya imei tidak beraturan, sinyal tidak ada dll).
2.Jika Sudah menggunakan eClair bisa langsung di upgrade ke Froyo.
3.Untuk flashing dari donat ke eClair disarankan menggunakan metode SUTLR.

untuk upgrade donat ke eclair bisa dilakukan sendiri atau kalau ingin aman silakan bawa ke nexian service centernya, selama masih garansi akan diupgrade dengan gratis..

Kebetulan saya share upgrade dari eclair ke froyo, karena juned ane beli pertama udah eclair, tapi dari beberapa referensi yang ane baca dan hasil tanya sana sini sejatinya sama saja dari donat > eclair > froyo ataupun dari eclair ke froyo dapat dilakukan dengan metode ini.

saya sudah berhasil upgrade dari éclair ke froyo dengan metode SUTLR (metode ini dapat digunakan untuk file yang berekstensi *.nb0), saya pilih metode ini karena terbilang gampang,tidak ribet dan tidak makan waktu banyak, paling lama 10 menit.Metode ini saya ambil dari beberapa sumber yang saya baca dan udah saya coba terapin di journey saya sendiri , hanya ada beberapa hal yang ditambahkan biar mudah di mengerti. Baca dan ikuti instruksi satu persatu dengan seksama.

METODE SUTLR

Yang harus di ingat dan diperhatikan kalau upgrade ke froyo
1.Berani memulai
2.Garansi dipastikan hangus jadi silakan cari rom originalnya dulu biar gampang kalo ingin garansi
3.Resiko hape mati, tapi kemungkinan ini kecil sekali.
4.Batre Hape dan laptop pastikan full (saya upgrade pake laptop) menghindari listrik mati
5.Back up semua data yang sekiranya penting
6.Disarankan tidak menggunakan memori bawaan karena sering eror, sangat disarankan gunakan yang class 4 ke atas,kalo pun masih menggunakan class 2 silakan saja no problem. (untuk mengecek class berapa memori kita silakan gunakan sdcard speed test, silakan comot di pasar)
7.Ekstak semua aplikasi dan ROM yang udah didownload.
8.Semua resiko di tanggung oleh penumpang yah…Anda sudah di ingatkan..

Aplikasi Flashing
1. Drever drever atau disini
2. SUTLR 1.7 SUTLR 1.7.0 atau disini

ROM
1. Apanda ROM froyo versi pertama nah yang ini yang terbaru versi updatenya versi terbaru
2. Bakpia coklat 2.2.1 Rev 1 disini untuk reviewnya disini
3. Bakpia coklat rev 2 (stable) disini
4.  ROM ORI Milik Brother TJ Style disini
  Pass : sobir.in
5. ROM lain main disini
6. Link ROM DLL

Yang perlu disiapin :
1.Driver untuk os anda
2.Software SUTLR v1.7.0
3.Rom

Berikut langkah-langkah yang harus dipersiapkan:

1. Pastikan anda menggunakan OS Microsoft Windows apa saja, saya sendiri mengerjakannya pake Windows 7-32 bit.

2. Pastikan driver dari Nexian A890 telah terinstall dengan baik, untuk mengindari kegagalan saat melakukan flashing. NOTE: ingat driver yang anda install harus sesuai dengan OS anda, apabila menggunakan Windows 32 bit maka gunakan driver yang x86, dan apabila Windows 64 bit maka gunakan driver x64.

3. Berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh SUTLR v1.7.0. Dan meng-install aplikasi tersebut. (saat kita melakukan instalasi SUTLR sudah secara otomatis menginstal driver, namun jika kompi atau laptop meminta driver, bisa mengupdate driver dari device manager dan mengarahkan ke folder dimana kita menyimpan driver tadi).

4. Unduh ROM yang diinginkan dan ekstrak dengan winzip atau rar. Sehingga muncul file yang bekekstensi *nb0, karena metode SUTLR ini hanya bisa digunakan untuk file yang berekstensi tersebut tadi.

5. Persiapkan Nexian Journey anda, matikan terlebih dahulu, dan hidupkan kembali dengan menahan 3 tombol sekaligus [tombol tutup telpon (tombol Merah)+ Volume Up + Power] dan anda akan masuk ke dalam Download Mode.

6. Colok kabel data pada Nexian dan hubungkan dengan komputer anda. Biarkan komputer anda mengenali device anda, apabila komputer anda meminta driver lagi, pilih untuk install anda, dan arahkan pada driver Nexian yang telah diunduh tadi (android_usb.inf)

7. Jalankan program SUTLR yang telah ter-install tadi, klik Next sampai anda sampai pada Jendela yang meminta untuk memasukkan Firmware anda , lalu arahkan ke drive dimana anda menyimpan ROM tadi (ROM harus berekstensi *.nb0), setelah itu muncul select box, pilih update option -> Erase user data

8. Apabila aplikasi SUTLR telah mendeteksi Nexian Journey anda, maka tekan tombol Next dan proses flashing ROM dimulai NB: Jangan pernah cabut kabel data dari Journey anda pada saat proses flashing berlangsung

9. Tunggu beberapa menit, sampai dengan proses selesai, dan akan me-reboot device anda (proses dari reboot ke mode phone emang agak lama jadi silakan tunggu dengan sabar, kalo udah berhasil loading nanti akan keluar setup wizard).

10. Anda telah berhasil menginstall Froyo (2.2) pada Nexian Journey anda

Saya sudah mengikuti semua proses diatas dan berhasil dengan baik, bagi rekan2 yang udah nyoba silakan share disini hasilnya gimana.Bagi yang mau nambahin atau koreksi dengan senang hati yang penting sopan dan no offense, semua bisa dibicarakan..hehehe

Dan apabila ada pertanyaan akan saya jawab semampu saya, karena saya lagi belajar juga

Semoga Berhasil...

Problem And Solving

1. Biasanya setelah upgrade kadang ga bisa konek ke internet, ini dikarenakan APN nya hilang, namun hal ini bisa diakali dengan seting manual atau dengan instal aplikasi asisten apn..
2. Untuk ROOT-ing bisa pake aplikasi Z4ROOT versi 1.3,yang ini sudah include super user.(sudah di uji di handset saya dan work perfectly)
3. Biar bisa mindahin aplikasi ke sdcard bisa pake APP2SD yang ada di market dan Modinstaller (kalo ini ngga ada dimarket)
4. Jika setelah upgrade google aplikasinya hilang di coba untuk wipe/factory reset, bisa dari menu setting, bisa dari recovery mode, apabila ternyata tetep ga ada nanti akan saya coba carikan caranya.
5. Atau aktivasi a2sd/app2sd dengan recovery ANDRO-ID
6. Apabila google apps nya tidak muncul setelah upgrade ke froyo silakan baca tutorial instalasi google app

Semoga berhasil



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons